UPTD BLKI Balikpapan, Terus Siapkan Tenaga Kerja Berkualitas

UPTD BLKI Balikpapan, Terus Siapkan Tenaga Kerja Berkualitas

Perkembangan angka pengangguran yang terprediksi terus meningkat mengikuti melemahnya ekonomi nasional, memaksa pemerintah harus berpikir keras mencari solusi penanganan pengangguran baik yang dengan skill atau non skill. Perpanjangan tangan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kaltim, UPTD Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Balikpapan selalu berinovasi dalam pelatihan yang dilaksanakan.
Bertempat di aula serbaguna BLKI Balikpapan, 17 Maret 2016 dilaksanakan pembukaan pelatihan keterampilan berbasis kompetensi kejuruan las industri, teknik kendaraan ringan, mesin produksi, sekretaris dan menjahit angkatan 1. Untuk Angkatan Pertama ini dengan pelatihan kejuruan Las Industri, teknik kendaraan ringan, mesin produksi, sekretaris dan menjahit. Sejak pendaftaran siswa baru dimulai tanggal 12 Januari 2016 sampai dengan 10 Maret 2016 lalu sudah sebanyak 259 orang mendaftar namun yang diterima atau lulus seleksi hanya 80 orang.
Pada laporan pelaksanaannya, H.Hasanuddin menyampaikan pelatihan ini selaras dengan misi Disnakertrans yaitu Meningkatkan kompetensi, kemandirian, daya saing dan produktivitas tenaga kerja untuk pertumbuhan ekonomi dan pengurangan pengangguran. Untuk itu pelatihan yang ada akan terus ditingkatkan baik jumlah pesertnya maupun jenis pelatihannya. “BLKI Balikpapan akan fokus & konsen ke peningkatan skill tenaga kerja terutama yang terkena imbas PHK” jelasnya.
Kepala Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Provinsi Kaltim, H.Fathul Halim dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kerja keras tim BLKI Balikpapan dalam pelaksanaan pelatihan ini. Kedepannya berharap anggaran untuk BLKI Balikpapan dapat lebih dioptimalkan untuk menunjang berbagai macam pelatihan yang meningkatkan skill atau kemampuan tenaga kerja.” BLKI Balikpapan adalah salah satu leading sektor yang meningkatkan kualitas tenaga kerja, semoga kedepan jenis pelatihan ditingkatkan termasuk instrukturnya,tutupnya.
Pada jurusan las industri, teknik kendaraan ringan, mesin produksi dan sekretaris angkatan 1 pelatihan selama 60 hari kerja sedangkan jurusan menjahit pelatihan selama 30 hari kerja. Pelatihan dimulai jum’at tanggal 18 Maret 2016 pelatihan dilaksanakan setiap hari kerja mulai hari senin s/d kamis jam 07.30 - 16.00 Wita dan hari jumat pukul 07.15 – 11.30 Wita.TIM