Malam Penganugerahan Paritrana Award & Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2024

Samarinda – Bertempat di Hotel Bumi Senyiur, Samarinda, Disnakertrans Provinsi Kalimantan Timur menggelar Malam Penganugerahan Penghargaan Paritrana Award dan Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Acara yang diselenggarakan pada Jumat malam ini dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Kaltim, diikuti oleh laporan panitia yang disampaikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Timur, H. Rozani Erawadi, S.H., M.Si.

Dalam sambutannya, H. Rozani Erawadi menegaskan pentingnya penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada perusahaan dan pihak terkait yang berhasil menerapkan norma K3 di tempat kerja.

“Pemberian Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dilaksanakan dalam rangka memberikan motivasi dan dorongan bagi perusahaan-perusahaan serta berbagai pihak terkait yang telah berhasil menerapkan norma K3 di perusahaan/tempat kerja dan mencapai nihil kecelakaan kerja maka perlu diberikan penghargaan,” ungkapnya.

Setelah sambutan dari BPJS Ketenagakerjaan, acara dibuka secara resmi oleh Pj. Gubernur Kalimantan Timur, Prof. Dr. Drs. Akmal Malik, M.Si. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan,

“Kita harus memastikan bahwa setiap orang memiliki akses terhadap tempat kerja yang aman dan sehat. Dan itu menjadi fokus utama pemerintah.”

Pada malam penganugerahan ini, sebanyak 264 perusahaan menerima Penghargaan K3 untuk kategori Kecelakaan Nihil (Zero Accident), 111 perusahaan menerima penghargaan dalam kategori P2 HIV-AIDS di Tempat Kerja, dan 3 individu mendapatkan penghargaan sebagai Pemerhati/Pemerduli K3. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada perusahaan yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan Bulan K3, seminar K3, dan malam penganugerahan.

Sementara itu, Paritrana Award diberikan kepada beberapa kategori, yaitu:
• Penghargaan Pemerintah Daerah: 10 kabupaten/kota
• Penghargaan Badan Usaha Sektor Keuangan: 3 BPR
• Penghargaan Badan Usaha Sektor Perdagangan dan Jasa: 3 sektor
• Penghargaan Badan Usaha Sektor Pertanian, Peternakan, Perkebunan & Perikanan: 3 sektor
• Penghargaan Badan Usaha Sektor Pertambangan, Manufaktur & Konstruksi: 3 sektor
• Penghargaan Badan Usaha Sektor Pendidikan: 3 sektor
• Penghargaan UMKM: 3 sektor
• Penghargaan Pemerintah Desa: 3 pemerintah desa

Malam Penganugerahan ini menjadi momentum penting dalam mendorong peningkatan standar keselamatan dan kesehatan kerja serta apresiasi terhadap upaya yang telah dilakukan oleh berbagai sektor di Kalimantan Timur.